Trik membuat template blog ringan hingga 80%


Trik membuat template blog ringan hingga 80%

Penggunaan template yang berat akan membuat pengunjung blog kabur, padahal salah satu cara meningkatkan trafik blog adalah dengan penggunaan template yang fast loading/ ringan. Template yang ringan selain disukai oleh pengunjung juga akan disukai oleh search engine. Menambahkan widget yang tidak penting malah akan menggangu performa loading blog. seperti penambahan widget Visitor Statistics -- Flag counter, live traffic feed, alexa widget, dll.

Flash animasi juga akan membuat blog menjadi berat, selain mengganggu mata pengunjung widget ini juga gak penting banget.

loading blog berat
Lantas bagaiman cara membuat blog menjadi lebih ringan dan gampang diakses walaupun menggunakan koneksi internet yang lambat. Tips ini akan membuat blog sobat lebih ringan hingga 80% dibandingkan sebelumnya.

1. MENGKOMPRES TEMPLATE BLOG

Mengkompres HTML bisa membuat blog lebih ringan hingga 20% cara ini bisa sobat lakukan dengan cara manual yakni memadatkan kode HTML yang ada pada blog. Jika malas bisa gunakan tool Compres HTML www.textfixer.com tinggal copy dan pastekan kode HTML pada alat kompres HTML tersebut dan hasilnya sobat pasang kembali pada blog.

2. MENGKOMPRES GAMBAR BLOG

Memperkecil ukuran gambar bisa menambah kecepatan blog hingga 40%-60%, Sobat bisa mengkompres gambar tanpa mengurangi kualitas gambar baik format JPG/PNG bisa menggunakan https://tinyjpg.com/ hasil kompresnya bagus dan tidak mengurangi kualitas dari gambar itu sendiri. Disamping menambah loading blog dengan mengkompres gambar juga akan mengurangi bandwith bagi yang menggunakan hosting.

3. BUANG JAVA SCRIPT YANG ADA PADA BLOG

Faktor utama yang membuat loading blog menjadi berat adalah pemasangan java script, dengan adanya javascript pada blog akan memperlambat proses render. Cara mengatasinya dengan menghapus atau dengan cara Defer Parsing JavaScript jika ukuran javascriptnya tidak terlalu banyak sobat bisa langsung memasangnya pada template blog tanpa harus melink ketempat javascript disimpan. Dengan menghapus java script yang ada pada blog performa loading blog akan meningkat hingga 60%.

4. COPOT SEMUA WIDGET YANG TIDAK PERLU.

Menambah widget alexa rank bertujuan untuk meningkatkan peringkat dialexa rank, namun hal ini akan berdampak negative pada kinerja loading blog. Padahal tanpa menambah widget inipun alexa rank akan tetap melakukan penilaian pada blog sobat jika blog sobat memiliki reputasi yang bagus tentunya alexa rank juga akan otomatis meramping.

5. PEMASANGAN IKLAN YANG BERLEBIHAN.

Memasang kode iklan memang bisa menambah penghasilan namun jika membuat loading blog menjadi berat justru akan mengurangi trafik blog. Pasanglah kode iklan seperlunya saja agar loading blog tidak terganggu. Solusi lain buatlah kode script menjadi asinkron jika memang kode iklan ini sangat perlu dipasang pada blog.

Sebenarnya banyak cara untuk membuat loading blog menjadi ringan,cara diatas adalah garis besarnya saja namun jika sobat menerapkanya pada blog maka kecepatan blog sobat sekarang lebih ringan 80% dari sebelumnya. Trik membuat template blog ringan hingga 80% diatas sudah saya terapkan pada blog ini. Dan sobat bisa merasakan loading yang sangat ringan pada blog ini.
** Sobat Barusan Telah Membaca Postingan Tentang Trik membuat template blog ringan hingga 80% Semoga Bermanfaat Dan Silahkan baca postingan kami yang lain, Terima Kasih.